Visual Studio 2019

                                  PENGENALAN DAN PENGINSTALLAN
                                      VISUAL STUDIO 2019


1. Pengertian Visual Studio

    Visual studio adalah sebuah perangkat lunak atau software yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu berupa aplikasi bisnis, aplikasi personal dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows ataupun aplikasi web ataupun komponen aplikasi lainnya. Visual studio merupakan suatu tools atau software IDE (Integrated Development Environtment) yang digunakan untuk mengembangkan software berbasis Windows dan dengan Framework .NET. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi dan informasi, visual studio tidak lagi hanya dapat mengembangkan software berbasis desktop, akan tetapi dapat juga digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web, mobile maupun game.

    Pada pemrograman visual, pengembangan aplikasi dimulai dengan pembentukkan user interface, kemudian mengatur properti dari objek-objek yang digunakan dalam user interface, dan baru dilakukan penulisan kode program untuk menangani kejadian-kejadian (event). Tahap pengembangan aplikasi demikian dikenal dengan istilah pengembangan aplikasi dengan pendekatan Bottom Up.

    Versi pertama  Visual Studio dirilis pada tahun 1997, dinamakan sebagai Visual Studio 97 yang memiliki nomor versi 5.0. Versi terbaru dari Visual Studio adalah 15.0 yang dirilis pada 7 Maret 2017. Ini juga disebut sebagai Visual Studio 2017. Versi .NET Framework yang didukung dalam Visual Studio terbaru adalah 3,5 hingga 4,7. Java didukung dalam versi lama Visual Studio tetapi dalam versi terbaru tidak memberikan dukungan apa pun untuk bahasa Java.

    Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah atau instruksi yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Visual Studio mendukung tidak hanya satu bahasa pemrograman, melainkan banyak bahasa pemrograman, diantaranya yaitu :

     a. Python

     b. C++

     c. C#

     d. F#

     e. Visual Bassic

     f. Java Script

    Beberapa keistimewaan Visual Studio ini diantaranya seperti :

1. Menggunakan platform pembuatan program yang dinamakan developer studio, yang memiliki tampilan dan sarana yang sama dengan Visual C++ dan Visual J++, sehingga dapat belajar bahasa pemrograman lainnya dengan mudah dan cepat.

2. Memiliki compiler handal yang dapat menghasilkan file executable yang lebih cepat dan lebih efisien dari yang sebelumnya.

3. Memiliki beberapa tambahan wizard yang baru. Wizard adalah sarana yang mempermudah di dalam pembuatan aplikasi dengan mengotomisasi tugas-tugas tertentu.

4.Visual Studio mempunyai beberapa fitur untuk pengembangan berbagai macam aplikasi yang diantaranya Windows Development, Web Development, Office Development, Sharepoint Development, Cloud Development (Windows Azure), Silverlight Tooling, Multi-Core Development, Customizable IDE.

    Visual Studio menyediakan beberapa jenis software atau aplikasi yang dapat dikembangkan, yaitu :

1. Jenis Aplikasi Desktop

    a) Console

    b) WinForm (Windows Form)

    c) WPF (Windows Presentation Foundation)

    d) UWP (Universal Windows APP)

2. Jenis Aplikasi Web atau Cloud

    a) ASP.NET

    b) Azure

    c) Python Development

    d) Node. JS

3. Jenis Aplikasi Mobile dan Game

    a) Xamarin (IOS, Windows Phone, Android)

    b) Unity (Game Development)

    c) Game berbasis C++ dengan menggunakan direct x dan cocos2d dan Unreal Engine

    d) Mobile Development dengan C++

4. Cross Platform

    a) NET.Core


2. Fungsi Visual Studio

    Visual studio merupakan sebuah aplikasi dengan fungsi utamanya untuk mengembangkan aplikasi. Visual Studio dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam native code (dalam bentuk bahasa mesin yang berjalan di atas Windows) ataupun managed code (dalam bentuk Microsoft Intermediate Language di atas .NET Framework). Selain itu, Visual Studio juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Silverlight, aplikasi Windows Mobile (yang berjalan di atas .NET Compact Framework).

    Visual Studio (yang sering juga disebut VB) selain disebut sebuah bahasa pemrograman, juga sering disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan perogram-program aplikasi berbasiskan Windows. Beberapa kemampuan atau manfaat dari Visual Studio di antaranya seperti:

1. Untuk membuat program aplikasi berbasiskan Windows.

2. Untuk membuat objek-objek pembantu program seperti, misalnya : kontrol ActiveX, file Help, aplikasi internet dan sebagainya.

3. Menguji program (debugging) dan menghasilkan program berakhiran EXE yang bersifat executable atau dapat langsung dijalankan.


3. Proses Installasi Visual Studio

    Alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan intallasi visual studio yaitu :

1. Laptop

2. File aplikasi visual studio

3. Terhubung ke jaringan

    Berikut ini proses installasi visual stusi 2019, selama proses installasi ini harus tersambung pada jaringan :

1. Klik file yang digunakan untuk menginstall visual studio 2019.

Klik file visual studio 2019

2. Tunggu proses persiapan file untuk menginstall visual studio 2019.

Proses persiapan install visual studio 2019

3. Setelah itu, akan muncul tampilan berikutnya yang berupa pernyataan untuk melanjutkan proses konfigusrasi dan installasi visual studio, jadi klik Continue.

Proses lanjut menginstall visual studio 2019

4. Tunggu proses download dan install file-file dalam visual studio 2019 sampai 100%.

Proses download dan install file dari visual studio 2019

5. Kemudian, akan muncul tampilan seperti di bawah ini, dan tunggu saja sampai muncul tampilan berikutnya.

Proses tunggu ke menu pilihan fitur visual studio 2019

6. Lalu, saat muncul tampilan seperti berikut ini klik kotak kecil pada ASP.NET and web development, NET desktop development, Universal Windows Platform development, Data storage and processing, dan Visual Studio extension development. Selanjutnya, jika telah tercentang, klik Install.

Memilih fitur dari visual studio 2019 (1)

Memilih fitur dari visual studio 2019 (2)

7. Tunggu proses download dan install visual studio 2019 sampai 100%. 

Proses download dan install fitur visual studio 2019

8. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti ini, Anda bisa klik tanda X yang ada di bagian kanan untuk menutup bannernya.

Tutup banner tampilan visual studio 2019

9. Lalu, akan muncul tampilan seperti berikut ini, dan tunggu saja sampai muncul tampilan untuk melakukan sign in pada visual studio. Jika tidak muncul tampilan berikutnya, maka Anda bisa coba buka aplikasi dari visual studio, maka nanti akan muncul tampilan untuk sign in-nya.

 

Tunggu proses memilih tema pada visual studio 2019

10. Jika muncul tampilan untuk melakukan sign in pada visual studio, Anda bisa pilih dan klik Not now, maybe later.

Proses masuk untuk memilih tema visualstudio 2019

11. Lalu, akan muncul tampilan untuk memilih warna tema pada visual studio yang telah terinstall. Disana ada beberapa pilihan warna, seperti blue, blue (extra contrast), dark, dan light. Anda bisa pilih sesuai dengan keinginan. Setelah itu, klik Start Visual Studio.

Proses memilih tema warna pada visual studio 2019

12. Kemudian, klik Continue without code untuk membuka visual studio 2019.

Membuka aplikasi visual studio 2019

13. Berikut inilah tampilan awal dari visual studio 2019.

Tampilan awal visual studio 2019


0 komentar:

Posting Komentar

FTI UNISKA MABA 2023

  MABA FTI UNISKA JAYA 2023